Search Everything Here :

Memuat...

Senin, 12 Agustus 2013

Mengatasi Pengisian Jelek HP China

{[[''],['']]}
Cara praktis mengatasi pengisian jelek HP China :
Sering kali kita menemukan tulisan "Pengisian Jelek" saat melakukan charging pada handphone. Pengisian Jelek bisa disebabkan 2 hal, yaitu:

1. Charger Ponsel Chinanya sendiri (Output Charger >= 5 DC Volt
2. IC Power/CPU atau part yang dilalui Charging Ways.

Mengatasi masalah "PENGISIAN JELEK" pada ponsel china bisa kita lakukan dengan. cara yang mudah dan murah. Charger ponsel china umumnya mempunyai Output Voltage pengisian sebesar 5 DCV,masalah "Pengisian Jelek" bisa diakibatkan dari Output Charger yang melebihi 5 DCV, biasanya masalah itu timbul setelah Charger dihubungkan sekitar 3-5 menit. Untuk mengatasi tegangan output charger yg berlebihan, kita bisa menggunakan Dioda Zener type 1N4148 yang banyak dijual ditoko Spare Part Elektronik.

Metode pengerjaaanya :
Bongkar Charger dan lakukan pemasangan Dioda (gambar 1) di kutub Positif Charger (1 pcs dioda zener tipe 1N4148 bisa menurunkan tegangan sekitar 0,5dcv) Jika arus kerjanya dibawah 1A,penambahan dioda tergantung dari Output yang akan dikurangi, Jika Output awal adalah 6 DCV maka harus dipasang 2 pcs Dioda Zener secara seri.tapi penambahan dioda ini hanya bisa dilakukan maksimal 4 pcs, Jadi maksimal Output yang bisa diturunkan adalah 7 DCV.
Jika dengan memodifikasi Charger tidak membuahkan hasil, kita bisa mencoba untuk "MENGAKALI" jalur Charging Control di ponselnya (gambar 2)

Caranya : Cabut Transistor Mosfet, biasanya di ponsel cina control chargernya pake transistor mosfet tipe Si5853DC atau Si4833DY keluaran VISHAY SILICONIC atau ada juga yang memakai tipe NTHD3101F keluaran ON SEMICONDUCTOR, bentuk fisik dari transistor mosfet ini sendiri mempunyai 8 kaki, 4 kaki di satu sisi (gambar 2).

Cabut transistor ini dan ganti dengan.dioda apa aja (bisa pakai dioda Backlight System ponsel Nokia DCT4/WD2), pasang dioda tadi dengan posisi negatif dioda dikaki S dan positif dioda di kaki K,
kaki S adalah input awal dari charger konektor, dan kaki K adalah output dari mosfet yang menuju battery konektor, Untuk menguji hasil kerja kita gunakan power supply sebagai chargernya, setting output power supply ke 5 DCV, Hubungkan positif dan negatifnya ke ponsel (jalur charger masuk) dan lihat pergerakan jarum penunjuk ampere pada power supply harus tetap naik selama power supply digunakan untuk mengecas ponsel, jarum penunjuk ampere akan perlahan turun seiring deng terisinya baterai, jika jarum penunjuk ampere tidak naik saat ponsel di cas, masalahnya ada di ic power atau cpu nya berarti cara ini tidak bisa kita gunakan.
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Lain - Lain

Loading...
Please wait...